Tips Menghadapi Tes Wawancara/Interview Kerja dan Beberapa Contoh Pertanyaannya

Dalam melamar pekerjaan, biasanya akan ada tahap tes wawancara kerja atau Interview test. Dalam tahap tes interview ini merupakan tahap bisa dikatakan paling menentukan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Untuk itu, tentu kita harus mempersiapkan diri dalam menghadapi pertanyaan-pertanyaan dalam tes wawancara tersebut, baik secara fisik, mental, maupun secara kosakata.

Tips Menghadapi Tes Wawancara/Interview


Untuk menunjang tes ini, penampilan harus diperhatikan, terlebih bila posisi atau jabatan yang anda lamar membutuhkan penampilan. Yakinkan pada tester bahwa anda mampu dan pantas menduduki jabatan tersebut. lalu apa kira-kira yang ditanyakan dalam tes wawancara atau tes interview kerja? Nah, kali ini kita akan mencoba memberikan beberapa contoh pertanyaan yang sering diajukan dalam tes wawancara atau interview dalam melamar pekerjaan.

 Beberapa Contoh Pertanyaan dalam Tes Wawancara Kerja dan Jawabannya yang cocok

Contoh Pertanyaan dalam Tes Wawancar


1. Gambarkan secara singkat mengenai diri anda?
Ini adalah pertanyaan yang umum yangditanyakan pertama kali dalam pembuka wawancara kerja, karena itu jangan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menjawabnya.
Tips menjawab: Berikan jawaban yang menjawab empat subjek: tahun-tahun terakhir, pendidikan, sejarah kerja, dan pengalaman karir terakhir.

2. Berikan penjelasan singkat yang anda tahu tentang perusahaan kami?
Saat pertanyaan model seperti ini diajukan dalam saat wawancara kerja, anda diharapkan mampu menggambarkan sejauh mana anda mengetahui perusahaan tersebut dan juga sejauh mana perusahaan tersebut berhasil dikenal masyarakat.
Tips menjawab: Berikan jawaban yang memberitahu pewawancara bahwa Anda meluangkan waktu mencari tahu tentang perusahaan tersebut, namun jangan beraksi seperti Anda tahu segalanya tentang perusahaan tersebut, tunjukan keinginan mempelajari lebih banyak tentang perusahaan tersebut. Tekankan keunggulan perusahaan dan minat Anda terhadap hal tersebut.

3. Apa kelebihan anda?
Perusahaan berharap menemukan sesuatu dalam diri anda yang unik dan layak bergabung dengan perusahaan tersebut.
Tips menjawab: Sebutkan kemampuan dan hal-hal yang menarik perhatian Anda, gabungkan dengan sejarah Anda mencapai hal-hal itu. Sebutkan kemampuan Anda dalam menentukan prioritas, mengidentifikasi masalah, kinerja, tanggung jawab kerja, dll yang mendukung dengan posisi yang anda lamar.

4. Mengapa anda tertarik dengan pekerjaan ini?
Tips menjawab: Sebutkan dua poin saja ketertarikan anda yang berhubungan dengan keunggulan kinerja misalnya posisi tersebut membutuhkan tanggung jawab dan ketelitian dan anda suka dan mampu dalam pekerjaan tersebut.

5. Apa kelemahan anda?
Jangan pernah menjawab kalau anda orang malas atau susah bangun pagi dan lain sebagainya yang memperlihatkan anda kurang disiplin.
Tips menjawab: Jawab dengan diplomatis, seperti “Saya kurang terbiasa jika berbicara di hadapan orang banyak, tapi saat ini saya dalam proses mengatasinya karena ini sangat berkaitan dengan karir saya ke depan dan saya yakin bisa mengatasi hal ini”. Intinya setelah mengatakan kelemahan anda, sertakan usaha yang telah anda lakukan untuk mengatasi kelemahan anda tersebut.

6. Apakah anda bersedia kerja lembur kapan saja?
Jawaban ini tergantung dari masing-masing pribadi di anda. Jawablah dengan jujur dan berikan alasan yang logis dan bisa diterima.

7. Apakah anda mampu bekerja dalam tim?
Selalu jawab “Iya” dan sebutkan pengalaman yang pernah anda lakukan saat bekerja sama dengan banyak orang. Jika anda belum pernah bekerja, bisa ceritakan organisasi yang anda ikuti.
 
8. Apa yang Anda cari di dalam sebuah pekerjaan?
Berikan jawaban yang berkisar pada oportunitas di dalam organisasi.
Tips menjawab: Beritahukan pewawancara kalau Anda ingin memberikan kontribusi dan dikenali. Hindari jawaban yang mempersoalkan kestabilan keuangan pribadi.

9. Berapa gaji yang anda harapkan? 
Pertanyaan mudah yang sangat sulit menjawabnya karena sangat sensitif.
Tips  menjawab: Katakan sambil tersenyum “Pertanyaan yang cukup sulit, namun maaf bisakah Bapak/Ibu menjelaskan kisaran gaji untuk posisi ini?” Biasanya pihak perusahaan akan memberikan rentang gaji yang anda tanyakan. Jika tidak, anda bisa bertanya balik mengenai detail pekerjaan yang akan anda jalani serta tanggung jawabnya, baru kemudian bisa memperkirakan gaji yang anda harapkan plus mempertimbangkan tunjangan-tunjangan lain. Itu pun masih kisaran saja, jadi anda sebelumnya harus tahu kisaran gaji untuk posisi seperti anda.

10. Apakah ada pertanyaan yang ingin anda ajukan?
Selalu siapkan pertanyaan anda. Ini menunjukkan antusias anda bergabung di perusahaan. Misalnya anda bisa menanyakan detail atau deskripsi pekerjaan yang akan anda jalani atau proyek seperti apa yang saat ini dikerjakan perusahaan.

Baca Juga Cara Membuat Surat Lamaran Via Email

Demikian Tips menghadapi tes wawancara dan Beberapa Contoh Pertanyaan dalam Tes Wawancara Kerja yang sering diajukan dalam Tes Interview dan Jawabannya yang Sesuai, semoga bisa memberikan pencerahan buat anda yang akan menghadapi tes interview. Semoga sukses.

Tips Menghadapi Tes Wawancara/Interview Kerja dan Beberapa Contoh Pertanyaannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Revie Hapsari

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.