Beberapa Contoh Kata Pengantar untuk Makalah

Yang dimaksud Kata pengantar adalah sebuah gambaran umum yang ditulis dengan singkat yang fungsinya sebagai pendahuluan dari sebuah bentuk tulisan. Kata pengantar erat kaitannya dengan jenis karya berupa karya tulis, baik karya tulis ilmiah atau non ilmiah seperti proposal, makalah ataupun karya tulis lainnya. Dalam halaman Kata pengantar penulis mengungkapkan hal–hal yang patut dicantumkan, tetapi tidak mungkin dimasukkan dalam bagian isi (teks).

Pada umumnya kata pengantar ini merupakan ucapan terima kasih kepada pihak yang telah berjasa dan membantu dalam penyusunan karya tulis ilmiah, serta bisa ditambahkan dengan rasa ungkapan keterbatasan sebagai manusia dalam menganalisis suatu masalah. Dalam kata pengantar pada karya ilmiah misalnya, dicantumkan ucapan terima kasih penulis kepada orang-orang, lembaga, organisasi, atau pihak-pihak lain yang telah banyak membantu dalam penyelesaian penulisan laporan ilmiah.

Judul (tulisan) KATA PENGANTAR, diketik dengan huruf kapital, ditulis secara simetris di batas atas tanpa tanda titik. Teks kata pengantar ditulis dengan menggunakan spasi ganda. Panjang halaman maksimal dua halaman kertas ukuran kuarto. Pada bagian akhir teks (bagian pojok kanan bawah) dicantumkan kata yang menunjukkan tempat, bulan, tahun, dan dibubuhi kata penulis.

Contoh Kata Pengantar Makalah


Kata pengantar disarankan agar tidak melebihi satu halaman. Untuk memudahkan anda memahami bentuk kata pengantar, berikut ini berikut di bawah ini adalah hal-hal yang seharusnya ada dalam kata pengantar:
  •     Ucapan puji syukur kepada Tuhan YME
  •     Penjelasan adanya tugas penulisan karya ilmiah.(untuk poin ini relatif karena ada juga karya tulis yang dibuat  bukan karena adanya tugas contohnya adalah buku-buku yang murni untuk komersil)
  •     Dalam kata pengantar tersebut dijelaskan akan adanya bantuan dan bimbingan dari dari seseorang ataupun organisasi
  •     Penjelasan tentang tujuan dari penulisan karya tulis tersebut
  •     Ucapan terimakasih kepada seseorang atau pihak-pihak yang telah membantu dalam penulisan karya tulis tersebut
  •     Penyebutan nama kota, tanggal, bulan dan tahun serta nama penulis tanpa tanda tangan
  •     Harapan penulis atas karya tulis tersebut
  •     Penjelasan bersedianya penulis untuk mendapatkan kritik dan saran dari karya tulis yang dibuatnya

Jika dalam pembuatan makalah atau karya tulis lainnya ada beberapa poin yang tidak perlu untuk dicantumkan bukan berarti karya tulis atau makalah tersebut tidak baik. Sebagai contoh adalah poin ke 2 di atas, jika memang dalam pembuatan karya tulis tersebut tidak berdasarkan tugas maka tidak perlu untuk ditulis dalam kata pengantar, karena jika itu dipaksakan malah mengurangi nilai dalam karya tulis atau makalah tersebut dan itu artinya anda tidak jujur terhadap karya tulis anda sendiri.

Untuk mempermudah anda dalam memahami apa itu kata pengantar, berikutnya kami berikan beberapa contoh kata pengantar makalah.

Contoh kata pengantar Karya Tulis atau Makalah


CONTOH 1:


KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan rasa syukur kehadirat Tuhan YME atas segala rahmad dan hidayah-Nya yang diberikan kepada penulis sehingga laporan Tugas Akhir dengan judul “Sistem Pendukung Keputusan (SPK)” dapat terselesaikan dengan baik.

Penyusunan laporan tugas akhir ini merupakan tugas mandiri yang harus diselesaikan oleh mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) ASIA Malang jurusan Teknik Informatika yang merupakan bagian dari prasyarat kelulusan program kesarjanaan.

Pada kesempatan ini penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu terselesainya tugas akhir sampai dengan penyusunan laporan, yaitu:
        Ketua STMIK Asia Malang,
        Pembantu Ketua I,
        Ketua Jurusan Teknik Informatika, …
        Dosen Pembimbing, …
        Dosen Wali, …
        Dan seterusnya
Penulis menyadari bahwa laporan tugas akhir ini jauh dari sempurna, oleh karena itu penulis selalu mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun dari segenap pembaca. Akhirnya, semoga laporan tugas akhir ini dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi pihak-pihak yang tertarik untuk mengkaji dan mengembangkannya.


Nama Kota, Juli 2014

Nama Penulis


CONTOH 2:
KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT atas berkat rahmat dan hidayahnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal penelitian yang diberi judul “Sistem Informasi Rekam Medis pada Puskesmas Jaya Mukti Dumai “ . Adapun proposal ini dibuat untuk memenuhi persyaratan sebelum melakukan penelitian dalam menyusun tugas akhir pada STMIK Dumai.

Penulis menyadari bahwa Proposal ini masih jauh dari kesempurnaan, jika ada kekurangan maupun kesalahan untuk itu diharapkan kritikan dan saran dari semua pihak yang sifatnya membangun agar dapat dibuat dengan lebih baik lagi.

Akhir kata semoga proposal ini dapat bermanfaat pembaca, khususnya rekan–rekan mahasiswa/i lainnya yang mengikuti perkuliahan di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer ( STMIK ) Dumai.



Dumai, 25 April 2014


Nama Penulis

CONTOH 3


KATA PENGANTAR





Puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada akhirnya penulis dapat menyelesaikan Tugas Akhir ini dengan baik. Dimana tugas akhir ini penulis sajikan dalam bentuk buku yang sederhana. Adapun judul penulisan Tugas Akhir, yang penulis ambil adalah sebagai berikut :Analisa Jaringan Wireless LAN (Local Area Network) Pada PT. Anugerah Tangkas Transportindo Jakarta



Tujuan penulisan Tugas Akhir ini dibuat sebagai salah satu syarat kelulusan Program Diploma III (D.III) Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika. Sebagai bahan penulisan diambil berdasarkan hasil penelitian (eksperimen), Observasi dan beberapa literature yang, mendukung penulis ini. Penulis menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak, maka penulisan tugas akhir ini tidak akan berjalan dengan lancar.



Penulis menyadari bahwa penulisan tugas akhir ini masih jauh sekali dari sempurna, untuk itu penulis mohon kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan penulisan dimasa yang akan datang.


Akhir kata semoga tugas akhir ini dapat berguna bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya.










Jakarta,16 Juli 2014
Penulis

Mulyanto



Baca Juga Cara Membuat Surat Lamaran Bahasa Inggris

Demikian beberapa contoh kata pengantar yang baik, semoga bisa menjadi referensi dan menjadi pencerahan bagi anda yang sedang mencari Contoh Kata Pengantar untuk Makalah atau Karya Tulis. Salam.

Beberapa Contoh Kata Pengantar untuk Makalah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Revie Hapsari

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.