Inilah Perbedaan antara BPUPKI dan PPKI

Salam. Kali ini kita akan sedikit mengulas mengenai sejarah. Pembahasan kali ini mengenai catatan persiapan kemerdekaan. Kita akan memaparkan mengenai Perbedaan BPUPKI dan PPKI. Mari kita kupas masing-masing badan persiapan kemerdekaan  di masa lalu.

BPUPKI atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (Jepang: Dokuritsu Junbi Cosakai atau dilafalkan Dokuritsu Zyunbi Tyoosakai) adalah sebuah badan yang dibentuk oleh pemerintah pendudukan balatentara Jepang pada tanggal 29 April 1945 bertepatan dengan hari ulang tahun Kaisar Hirohito. Badan ini dibentuk dengan tujuan sebagai upaya mendapatkan dukungan bangsa Indonesia dengan menjanjikan bahwa Jepang akan membantu proses kemerdekaan Indonesia. BPUPKI beranggotakan 63 orang yang diketuai oleh Radjiman Wedyodiningrat dengan wakil ketua Hibangase Yosio (orang Jepang) dan Raden Pandji Soeroso.

Adapun latar belakang pembentukan BPUPKI secara formil, termuat dalam Maklumat Gunseikan nomor 23 tanggal 29 Mei 1945, dilihat dari latar belakang dikeluarnya Maklumat No. 23 itu adalah karena kedudukan Facisme (kekuasaan) Jepang yang sudah sangat terancam. Maka sebenarnya, kebijaksanaan Pemerintah Jepang dengan membentuk BPUPKI bukan merupakan kebaikan hati yang murni tetapi Jepang hanya ingin mementingkan dirinya sendiri, yaitu pertama; Jepang ingin mempertahankan sisa-sisa kekuatannya dengan cara memikat hati rakyat Indonesia, dan yang kedua; untuk melaksanakan politik kolonialnya.

Di luar anggota BPUPKI, dibentuk sebuah Badan Tata Usaha (semacam sekretariat) yang beranggotakan 60 orang. Badan Tata Usaha ini dipimpin oleh R.P.Soeroso, dengan wakil Abdoel Gafar Pringgodigdo dan Masuda (orang Jepang). Rapat pertama diadakan di gedung Chuo Sangi In di Jalan Pejambon 6 Jakarta yang kini dikenal dengan sebutan Gedung Pancasila. Pada zaman Belanda, gedung tersebut merupakan gedung Volksraad, lembaga DPR pada jaman kolonial Belanda.

Pada tanggal 7 Agustus 1945, Jepang membubarkan BPUPKI dan membentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau (Jepang: Dokuritsu Junbi Inkai) dengan anggota berjumlah 21 orang sebagai upaya pencerminan perwakilan etnis,[1] terdiri berasal dari 12 orang dari Jawa, 3 orang dari Sumatra, 2 orang dari Sulawesi, 1 orang dari Kalimantan, 1 orang dari Nusa Tenggara, 1 orang dari maluku, 1 orang dari Tionghoa.

Karena BPUPKI dianggap terlalu cepat ingin melaksanakan proklamasi kemerdekaan, maka Jepang membubarkannya dan membentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) ( 独立準備委員会 ) Dokuritsu Junbi Iinkai, lit. Komite Persiapan Kemerdekaan) pada tanggal 7 Agustus 1945 yang diketuai oleh Ir. Soekarno.
1.Keanggotaan

Pada awalnya PPKI beranggotakan 21 orang (12 orang dari Jawa, 3 orang dari Sumatra, 2 orang dari Sulawesi, 1 orang dari Kalimantan, 1 orang dari Nusa Tenggara, 1 orang dari Maluku, 1 orang dari golongan Tionghoa). Susunan awal anggota PPKI adalah sebagai berikut:

    Ir. Soekarno (Ketua)
    Drs. Moh. Hatta (Wakil Ketua)
    Prof. Mr. Dr. Soepomo (Anggota)
    KRT Radjiman Wedyodiningrat (Anggota)
    R. P. Soeroso (Anggota)
    Soetardjo Kartohadikoesoemo (Anggota)
    Kiai Abdoel Wachid Hasjim (Anggota)
    Ki Bagus Hadikusumo (Anggota)
    Otto Iskandardinata (Anggota)
    Abdoel Kadir (Anggota)
    Pangeran Soerjohamidjojo (Anggota)
    Pangeran Poerbojo (Anggota)
    Dr. Mohammad Amir (Anggota)
    Mr. Abdul Abbas (Anggota)
    Mr. Mohammad Hasan (Anggota)
    Dr. GSSJ Ratulangi (Anggota)
    Andi Pangerang (Anggota)
    A.H. Hamidan (Anggota)
    I Goesti Ketoet Poedja (Anggota)
    Mr. Johannes Latuharhary (Anggota)
    Drs. Yap Tjwan Bing (Anggota)

Selanjutnya tanpa sepengetahuan Jepang, keanggotaan bertambah 6 yaitu :

    Achmad Soebardjo (Anggota)
    Sajoeti Melik (Anggota)
    Ki Hadjar Dewantara (Anggota)
    R.A.A. Wiranatakoesoema (Anggota)
    Kasman Singodimedjo (Anggota)
    Iwa Koesoemasoemantri (Anggota)

Tanggal 9 Agustus 1945, sebagai pimpinan PPKI yang baru, Soekarno, Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat diundang ke Dalat untuk bertemu Marsekal Terauchi. Setelah pertemuan tersebut, PPKI tidak dapat bertugas karena para pemuda mendesak agar proklamasi kemerdekaan tidak dilakukan atas nama PPKI, yang dianggap merupakan alat buatan Jepang. Bahkan rencana rapat 16 Agustus 1945 tidak dapat terlaksana karena terjadi peristiwa Rengasdengklok. Setelah proklamasi, pada tanggal 18 Agustus 1945, PPKI mengadakan sidang di bekas Gedung Road van Indie di Jalan Pejambon.

BPUPKI dan PPKI


 Nah, untuk lebih jelas mengenai Perbedaan BPUPKI dan PPKI, berikut kami susun dalam bentuk tabel di bawah ini:

Perbedaan BPUPKI dan PPKI


No
Pembeda
BPUPKI
PPKI
1
Waktu dibentuk
Ketika Jepang menyadari kondisinya sudah kritis setelah Saipan dibom sekutu tepatnya dibentuk tanggal 1 Maret 1945.
Dibentuk ketika Jepang sudah tidak dapat berbuat banyak hal setelah perekonomiannya lumpuh dengan dibomnya kota Nagasaki, dibentuk tepatnya tanggal 7 Agustus 1945
2
Kepanjangan
Badan Penyalidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia
Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia
3
Istilah dalam bahasa Jepang
Dokuritsu Junbi Cosakai
Dokuritsu Junbi Inkai
4
Alasan dibentuk
Merencanakan persiapan proklamasi kemerdekaan Indonsia
Realisasi dari janji kemerdekaan Indonesia sebab Jepang telah menentukan akan memberikan kemerdekan bagi bangsa Indonesia(14 Agst 1945)
5
Tugas utama
Mempersiapkan hal-hal penting mengenai tata pemerintahan Indonesia merdeka
Melanjutkan hasil kerja BPUPKI dan mempersiapkan pemindahan kekuasaan dari pihak Jepang kepada bangsa Indonesia
6
Hasil yang dicapai
Menyusun rancangan UUD bagi negara Indonesia merdeka
Meresmikan dan mensyahkan Undang-undang Dasar 1945 (membentuk pemerintahan RI)
7
Keanggotaan
Terdiri dari kurang lebih 67 orang yang terdiri dari tokoh utama pergerakan nasional Indonesia serta 7 orang Jepang
Terdiri dari 21 orang Indonesia
8
Keterlibatan Jepang
Jepang terlibat dalam keanggotaan BPUPKI untuk mengawasi pelaksanaan kegiatan
Semua diserahkan rakyat Indonesia sehingga tidak terdapat keterlibatan Jepang





.

Demikian mengenai Perbedaan antara BPUPKI dengan PPKI semoga membantu anda yang sedang memperdalam sejarah khususnya sejarah bangsa indonesia. Salam.

Inilah Perbedaan antara BPUPKI dan PPKI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Revie Hapsari

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.