Cara Membuat Surat Niaga dan Macam-macamnya

Bagaimana Cara Membuat Surat Niaga? Surat Penawaran, surat permintaan barang, surat pengiriman barang, sampai surat pengaduan atau komplain merupakan bagian dari Surat Penawaaran. Untuk itu, kita akan bahas disini tentang surat Perniagaan. Surat Niaga adalah jenis surat resmi yang isinya berupa tawaran, atau jual beli yang berkaitan dengan barang/jasa yang biasanya dipakai dalam perdagangan dan perniagaan. Surat ini berguna untuk membangun kerja sama dengan pihak lain.

Jenis – Jenis Surat Niaga


Ada beberapa jenis dari surat niaga, dan saya akan menjabarkanya secara singkat di bawah ini.

Jenis – Jenis Surat Niaga:


1.  Surat Perkenalan
Surat ini dikirim oleh penjual ke calon pembeli yang gunanya untuk memperkenalkan diri baik dari nama badan usahanya ataupun jenis produk yang ia jual.

2.  Surat Permintaan Penawaran
Surat ini dikirimkan oleh calon pembeli kepada penjual,dan biasanya isinya calon pembeli meminta penjual untuk memberikan surat penawaran tentang suatu produk yang ditawarkannya. Biasanya calon pembeli akan meminta nama produk, harga, cara pembayaran atau pricelist dan pelayanannya.

3.  Surat Penawaran
Surat Penawaran ini berbentuk surat balasan dari surat permintaan penawaran. Yang isinya menyampaikan informasi mengenai segala produk yang calon pembeli inginkan seperti merek produk, harga, kualitas, cara pembayaran, pengiriman barang dan lain-lain.

4.  Surat Pesanan
Kalau kita sudah membuat surat penawaran, maka kita akan menunggu balasan  dari sang pembeli, jika sang pembeli ingin memesan suatu produk pada penjual, maka pembeli akan mengeluarkan Surat pesanan. Surat ini berisi nama dan jenis barang yang dipesan berikut harganya atau disertai dengan cara pembayaran yang diinginkan.  Bila si pembeli melakukan pembayaran melalui bank, maka copy bukti pengiriman/transfer harus dilampirkan.

5.  Surat Pengiriman barang.
Jika penjual menyetujui surat pesanan tersebut, maka penjual akan mengirimkan surat pemberitahuan pengiriman barang, ini berguna agar pembeli mengerti kalau barang yang di inginkannya telah diproses dan dalam sedang perjalanan. Biasanya surat seperti ini dibuat dalam pengiriman barang secara partai besar dan jauh.

6.  Surat Pengaduan atau Komplain
Surat ini akan muncul atau dibuat ketika terjadi adanya kondisi dimana ada masalah dengan produk yang diterimanya. Masalah tersebut terjadi karena produk yang dipesan tidak sesuai dengan barang yang diterima, misalnya, atau barang rusak dan cacat, dll.

7.  Surat Jawaban Pengaduan
Berupa surat balasan dari pengaduan sebagai bentuk surat balasan dari penjual. Biasanya berisi permintaan maaf, dan memberikan alasan dari ketidaksesuaian pesanan. Dan didalamnya juga tercantum konsekuensi dan kebijakan dari penjual.


Contoh Surat Niaga

Berikut Contoh Surat Niaga:

Surat Niaga



Demikian mengenai Jenis-jenis Surat Niaga, dan juga Contoh Surat Niaga lengkap bagi anda yang membutuhkan untuk membuat surat penawaran barang atau surat permintaan penawaran. Salam.


Cara Membuat Surat Niaga dan Macam-macamnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Revie Hapsari

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.